Inilah Penjelasanya Mengapa Pintu Ka'bah Dibuka Hanya Dua Kali Dalam Setahun?

By KBIH Assalamah / 2017-09-23 10:59:59 / 3077 Read
Inilah Penjelasanya Mengapa Pintu Ka'bah Dibuka Hanya Dua Kali Dalam Setahun?

Mengapa Pintu Ka'bah Dibuka Hanya Dua Kali dalam Setahun?

Siapa yang tidak ingin masuk Ka’bah, tempat yang dikelilingi umat Islam dari segala penjuru dunia setiap tahunnya. Dulunya Ka’bah dibuka dua atau tiga kali dalam sebulan untuk memberikan kesempatan kepada khalayak memasukinya. Namun sekarang hanya dibuka dua kali dalam setahun. Pertama awal bulan Sya’ban karena hendak dicuci dan dibersihkan. Kedua pada awal-awal bulan Dzul Hijjah untuk dicuci dan dibersihkan kemudian dipakaikan Kiswah yang baru. Ka’bah dibuka dengan seizin dari Penjaga Dua Kota Suci bagi tamu pemerintah Arab Saudi yang ingin memasukinya.

Ka’bah tidak dibuka sembarang waktu sebab mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan karena khalayak berdesak-desakan. Apalagi jumlah jamaah haji belakangan ini mencapai jutaan. Hal ini mustahil bagi aparat keamanan dan penjaga Ka’bah menjaga kesucian Ka’bah.

Pembukaan Ka’bah dilakukan oleh dua orang penjaga Ka’bah. Satu orang memasukkan kunci dan satunya menarik gembok. Gembok bentuknya segitiga. Pintu Ka’bah sendiri panjangnya 2,40 meter dan lebarnya 1,80 meter yang terbuat dari emas murni.