Para Imam di Masjidil Haram Makkah

By KBIH Assalamah / 2017-07-17 19:37:47 / 586 Read
Para Imam di Masjidil Haram Makkah

Setelah Bergabungnya Syekh Ghazawi dan Syekh Ghamidi, Imam Masjidil Haram Menjadi Sepuluh Orang

Musim haji tahun lalu, Syekh Dr. Faishal Ghazawi dan Syekh Dr. Ghamidi diangkat menjadi imam di Masjidil Haram. Hal ini setelah keluar instruksi raja yang mengangkat keduanya menjadi imam. Dengan pengangkatan keduanya, maka imam Masjidil Haram menjadi sepuluh orang. Mereka adalah Syekh Muhammad bin Abdullah Sabil, Majelis Ulama Saudi, Syekh Shalih bin Hamid, Ketua Majelis Permusyawaratan, Syekh Shalih bin Muhammad Al Thalib, hakim di Mahkamah Agung Makkah. Sedangkan lainnya adalah para dosen di Universitas Ummul Qura, yaitu Syekh Dr. Abdurrahman bin Abdul Aziz Sudais, Syekh Dr. Usamah Abdullah Khayath, Syekh Dr. Mahir Mu’aiqili, Syekh Dr. Abdullah Audah Juhani, Syekh Dr. Faishal Ghazawi, dan Syekh Dr. Khalid Ghamidi. Di antara mereka ada yang menjadi khatib pada hari Jum’at.

Peneliti mengenai Masjidil Haram, Prof. Abdullah bin Sa’id Zahrani menjelaskan bahwa Syekh Abdullah bin Hasan Al Syekh adalah imam masjid pertama pada masa Saudi. Raja Abdul Aziz mengangkatnya sebagai imam dan penceramah di Masjidil Haram.

Sedangkan muadzin di Masjidil Haram ada 12 orang, yaitu Abdullah As’ad Rais, Muhammad Ali Syakir, Abdul Aziz As’ad Rais, Muhammad Yusuf Muadzin, Ali Umar Mu’ammar, Muhammad Siraj Ma’ruf, Ali Millah, Nayif Faidah, Ahmad Abdullah Bashnawi, Taufiq Khauj, Faruoq Hadrowi, dan Majid Ibrahim Abbas. Ada beberapa klan yang menjadi muadzin semenjak 200 tahun yang lalu, yaitu klan Rais, Muadzin, dan Bashnawi.